4R di Rumah dan di Kantor

Setelah melihat pameran Green Festival 2008 di Senayan dan mengikuti seminar 4R dikantor yang dibawakan oleh Pak Tri dari Pepulih, ketertarikan pada "Isu Lingkungan" membuat saya mencoba menerapkan pola 4R dengan memilah sampah di rumah tangga dan di kantor, dirumah saya sediakan 4 tempat sampah, yang diisi sebagai berikut :

1. Sampah kertas (kertas corat-coret dari kertas fotocopy / buku tulis, brosur-brosur, karton ex makanan, koran .. dll)
2. Sampah plastik, kaca, tetra pack; kaleng; potongan besi.
3. Sampah organik, dari sisa sayuran / buah yg sudah dipotong kecil-kecil, tiap sore dibawa ke pojok halaman dan diproses jadi kompos dengan bantuan bakteri pengompos. Kompos yg sudah jadi dipakai untuk menanam bayam, cai sim, kangkung, selada, tomat, terong, cabe, sere, seledri, pohon ceri, mangga dll.
4. Sampah yg bener-bener mau dibuang (ini sih kadang-kadang kosong gak ada isinya karena semuanya bisa masuk ke 1 sd 3)

Jika sampah no 1, 2 dan 3 sudah terkumpul sekarung, tinggal panggil pemulung yg sering lewat didepan rumah. Lalu timbang dan terima pembayaran - beres deh !, Rupiah yg diterima memang tidak seberapa tapi bukan ini yg dipentingkan.

Di kantor juga saya coba lakukan 4R sederhana dengan menyediakan 2 tempat sampah khususnya di meja saya:

1. Sampah kertas-kertas tidak terpakai (kadang disisi palstik juga)

2. Sampah organik (dari pengalaman ternyata tempat sampah ini sering kosong).

Mendorong team cleaning service kantor agar melakukan pemilahan dan pengumpulan sehingga setiap periode akan terkumpul cukup banyak kertas dan plastik yang kemudian dijual ke pemulung - uangnya saya minta dikumpulkan dulu dan dicairkan pada momen khusus seperti menjelang Lebaran. Lumayan ... bisa buat tambahan THR. Jika ada 10 orang dalam 1 team maka uangnya dibagi 10 secara adil dan merata. Dengan begitu semua anggota merasakan manfaat dan menjadi lebih giat lagi ngumpulin samapah yang bisa di daur ulang ini. 

Dari kegiatan ini, ditambah kesempatan seminar dan sharing teman akhirnya saya mengerti dan mengetahui rantai proses daur ulang untuk sampah plastik, kertas dan lain sebagai-nya. Sampah harus dipilah seperti apa dan kemana nantinya sampah ini akan diproses serta akan jadi apa.

Saya mendorong teman-teman agar dapat melakukan 4R sederhana ini agar sampah yang bisa didaur ulang dapat tetap terpelihara kualitas-nya & secara efisien dapat sampai ke tempat daur ulangnya masing-masing. 
Terpelihara kualitasnya, maksudnya begini : Bayangkan jika sampah kertas foto copy sudah masuk truk sampah atau masuk tumpukan sampah maka pasti hancur dan jadi kompos semata-mata. Padahal sampah kertas ini harusnya bisa diproduksi jadi kertas daur ulang dengan kualitas yang masih baik jika tetap dijaga. Ini yang saya maksudkan ... ngerti ya.
Kita bersama-sama bisa menyelamatkan banyak pohon hutan kita dan kalau pohon selamat ujung-ujungnya "Global Warming" bisa ditekan. 
Belakangan ini Jakarta memang semakin panaaaaaaaaas. Gerah ni, AC nyala belon ?!

Pesan saya, walau punya sedikit ilmu untuk Daur Ulang ini, jangan ragu berkoar-koar ! Ntar nasibnya bisa jadi Pemulung Dadakan seperti saya. Haa .... Haa ..... Haa. 



Jadi mari kita selamatkan bumi kita dengan 4R.

Mei 2009, 
Salam Lestari 
www.pojokbisnis.net
http://bit.ly/OnLineShopTamanto
www.fishing-mancing.com
SEO Certification 2013 by Fabian L
Real Internet Secret 2012 by Fabian L
PT. Astra International Tbk - TSO

Popular posts from this blog

Jadi Pemulung Dadakan & Beli sampah untuk Recycle.

Harga Limbah yang bisa diRECYCLE